Senin, 02 November 2009

HOTSPOT di SDI Al Azhar 6 Jakapermai


Berbicara soal hotspot, terlebih dahulu kita harus paham apa hotspot itu? Karena masih banyak orang yang bertanya-tanya, bahkan sebagian orang khusus nya yang berada di lingkungan sekolah Al Azhar Jakapermai ada yang belum paham soal hotspot yang kini sebenarnya sudah menjadi fenomena.

Hotspot merupakan sebuah wilayah terbatas (coverage area) yang dilayani oleh satu atau sekumpulan access point. Access point adalah sebuah signal penghubung yang mengoneksikan point satu dengan point lain. Umumnya access point digunakan tidak dimodifikasi antenanya sehingga kemampuannya memang dibatasi hanya untuk ruangan atau kawasan tertentu saja. Dan biasanya wilayah hotspot berada di tempat-tempat umum, seperti di bandara, kafe, mal, rumah sakit, stasiun KA maupun tempat-tempat pendidikan” (Onno W. Purbo: 2006).

Jadi secara sederhana, pengertian hotspot adalah access point jaringan Wi-Fi; titik akses internet dari tempat-tempat umum. Sekedar mengingatkan bagi mereka yang pernah mendengar, dan informasi bagi mereka yang belum tahu; Wi-Fi singkatan dari Wireless Fidelity. Istilah tersebut mewakili salah satu teknologi akses internet tanpa kabel generasi terbaru. Notebook dengan teknologi ini bisa terhubung ke internet jika berada dalam jangkauan sebuah area. Jembatannya? Exactly: Hotspot. Membangun jaringan Wi-Fi juga mudah dilakukan; tidak diperlukan lagi hub atau router. Bisa dikatakan inilah esensi koneksi internet yang benar-benar tidak membatasi mobilitas penggunanya.

Dengan demikian, adanya titik hotspot atau layanan Wi-Fi access point di beberapa tempat umum tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan browsing internet. Artinya, dengan banyaknya hotspot zone di tempat-tempat umum Anda tak perlu lagi sibuk mencari warung internet terdekat yang sering kali lemot dan antri. Karena cukup hanya berada di kawasan yang terdapat wilayah hotspot, kemudian daftarkan diri untuk membeli voucher guna mendapatkan ID dan Password. Setelah itu Anda bebas menjelajahi situs-situs penting, cek dan kirim email serta download gambar sekalipun melalui notebook yang sudah supot Wi-Fi, Smartphone maupun PDA phone Anda. Seperti itulah gambaran prosesi untuk mendapatkan akses internet nirkabel yang penggunaannya harus bayar.

HOTSPOT SDI Al Azhar 6 Jakapermai - Bekasi

Alhamdulillah, semenjak beberapa periode dan kebutuhan atas teknologi komunikasi dan informasi untuk pendidikan antara kebutuhan pengajar, karyawan dan siswa-siswi SDI Al Azhar 6 Jakapermai tersendat, pada tahun ini SDIA 6 Jakapermai telah memiliki Hotspot untuk koneksi Internet. Ini berkat kerjasama Pengajar dan Karyawan SDIA 6 jakapermai dengan Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai, atas kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dari perkembangan teknologi informasi yang berada di dunia (red. Internet) yang berkembang sangat cepat. Sehingga dapat membantu mereka dalam mengajarkannya di dalam kelas. Saat ini Ruang lingkupnya memiliki radius 100 meter dapat akses internet di lingkungan SD Islam Al Azhar 6 Jakapermai adalah Ruang Guru, Perpustakaan, Ruang AVA, Ruang Kelas 4, Ruang Kelas 3, Masjid, TU-SD, Lab.Komputer SDIA 6 dan SMPIA 6 Jakapermai.

Walaupun ini baru di uji coba oleh teknisi IT, para pengajar dan karyawan sudah merasakan kepuasannya menikmati layanan menggunakan hotspot internet dalam beberapa hari ini semenjak diperkenalkan.

SEMOGA INI SANGAT BERMANFAAT.

Berbeda dengan layanan yang bersifat gratis, biasanya kalau koneksi Wi-Fi notebook Anda sudah di-setting secara otomatis akan menangkap sinyal yang terdapat di daerah hotspot itu. Sementara di SDIA 6 Jakapermai, layanan Wi-Fi-nya hanya boleh digunakan guru dan karyawan secara gratis dengan syarat harus minta izin kepada admin guna mendapatkan ID dan password. Layanan gratis seperti ini banyak kita jumpai di lembaga-lembaga pemerintahan, pusat perbelanjaan dan di sekolah tinggi maupun universitas dengan tujuan guna memberikan kemudahan fasilitas bagi public, misalkan guru atau karyawan SDIA 6 Jakapermai. Dengan kata lain, dengan dihadirkannya hotspot zone segala yang berhubungan dengan akademik / pendidikan akan lebih mudah dilakukan secara online.

Sekali lagi, buat anda yang sudah memiliki perangkat Wi-Fi tetapi belum memanfaatkannya, segera manfaatkan. Informasi berganti setiap hitungan detik. Kejar jika tidak ingin lebih tertinggal. Jangan jadi manusia purba dalam dunia informasi global ini.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Blog Lab.Komputer Al Azhar Jakapermai (http://smpi-alazhar6jp.blogspot.com) : Pekan Ulangan Tengah Semester 2 TIK : 17 - 20 Maret 2014. >> Kisi-kisi Ulangan Sekolah TIK. >> SMP: UTS TIK Kelas 7 dan Kelas 8 serta UAS TIK Kelas 9. >>Prediksi Nilai Rapot TIK Semester 2 : >> Tugas Akhir Komputer Kelas 9 (Kelompok).